Pengertian Tangga Nada (Tangga Nada Mayor & Minor | Diatonis & Pentatonis) | Jenis Tangga Nada

       Salah satu unsur dari lagu adalah tangga nada, apakah tangga nada itu? sudah tahukah kita? Mari kita pelajari.Tangga nada adalah urutan nada yang disusun secara berjenjang. Misalnya, do, re, mi, fa, sol, la, si, do.
       Dalam seni musik tangga nada dibagi menjadi dua, yaitu tangga nada diatonis dan pentatonis, yang masing-masing memiliki pengertian yaitu:
1.Tangga Nada Diatonis
       Tangga nada diatonis adalah tangga nada yang mempunyai dua jarak tangga nada, yaitu satu dan setengah. Nada-nada pada piano dan organ termasuk sistem diatonis. Tangga nada diatonis ada beberapa macam sebagai berikut.
a) Tangga Nada Diatonis Mayor
    Tangga nada mayor adalah tangga nada diatonis yang susunan nada-nadanya berjarak 1–1–1/2–1–1–1–1/2. (seni musik wahyu  Purnomo)
Contoh:

b) Tangga Nada Minor
    Tangga nada minor adalah tangga nada diatonis yang susunan nadanadanya berjarak 1–1/2–1–1–1/2–1–1. Tangga nada minor dibedakan menjadi tiga jenis, yaitu sebagai berikut.
(1) Tangga Nada Minor Asli
    Tangga nada minor asli hanya memiliki nada-nada pokok dan belum mendapat nada sisipan. Musik Gregorian merupakan bentuk khas yang menggunakan tangga nada ini. Berikut ini, tangga nada minor asli.

(2) Tangga Nada Minor Harmonis
     Tangga nada minor harmonis adalah tangga nada minor yang nada ke tujuhnya dinaikkan setengah laras. Dalam tangga nada ini, deretan naik dan turun tetap sama. Berikut ini, tangga nada minor harmonis.

(3) Tangga Nada Minor Melodis
     Tangga nada minor melodis adalah tanga nada minor asli yang nada ke-6 dan ke-7 dinaikkan setengah laras. Pada saat turun, nada ke-6 dan ke-7 tersebut diturunkan ½ laras. Berikut ini, tangga nada minor melodis.

2.Tangga Nada Pentatonis
       Tangga nada pentatonis adalah jenis tangga nada yang hanya memakai lima nada pokok. Ragam tangga nada pentatonis dibedakan oleh jarak antarnada serta pilihan nada yang didengar. Berdasarkan nadanya, ada tangga nada yang menggunakan pelog dan slendro. Contoh alat musik yang menggunakan tangga nada ini adalah gamelan.

Subscribe to receive free email updates:

4 Responses to "Pengertian Tangga Nada (Tangga Nada Mayor & Minor | Diatonis & Pentatonis) | Jenis Tangga Nada"

  1. Balasan
    1. maksudnya gimana tangga nada atau bagaimana mas...?

      Hapus
  2. Dengan penjelasan di wikipedia agak beda ya...
    Masih sulit mencerna semitone dengan interval...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Beda sumber mungkin beda definisi dikit kawan, disini referensi dari buku, mungkin jika dipelajari lagi menjadi lebih mengerti, terima kasih kawan telah berkunjung dan mempelajari tangga nada :)

      Hapus