Jenis Karya Seni Rupa Daerah Yang Berkembang

Karya seni rupa murni adalah segala jenis karya seni rupa yang sengaja dibuat untuk media ekspresi atau sarana mengungkapkan perasaan. Ungkapan-ungkapan perasaan tersebut dapat dituangkan dalam bentuk karya seni rupa yang sederhana dan mudah dimengerti dan seni rupa juga memiliki unsur-unsur tersendiri. Sebaliknya, ada pula karya seni rupa murni yang aneh, penuh makna simbolis, dan sulit dimengerti.
Sebagai contoh perhatikan beberapa karya seni rupa berikut.
(1) Lukisan berjudul ”Demikiankah” karya Lian Sahar
(2) Lukisan berjudul ”Letusan Gunung Merapi” karya Raden Saleh
(3) Patung berjudul ”Wanita dan Seekor Rusa” karya Njana
(4) Patung berjudul ”Tangisan Dewi Bathari” karya G. Sidharta

Jenis Karya Seni Rupa Murni Daerah
    Ada beberapa daerah di Indonesia yang menjadi pusat tempat tinggal para seniman. Daerah-daerah tersebut antara lain Bali, Yogyakarta, Surakarta, Jakarta, dan Bandung. Para seniman tinggal dan berkarya di daerah-daerah tersebut sehingga kegiatan kesenian di daerah yang bersangkutan menjadi berkembang. Jenis-jenis karya seni rupa murni daerah yang berkembang tersebut sebagai berikut.
1. Seni Lukis
    Dibandingkan dengan daerah-daerah lain, perkembangan seni lukis di Bali terlihat lebih maju. Hal ini disebabkan banyak seniman yang bermukim di sana. Bahkan, tidak sedikit dari seniman-seniman tersebut yang berasal dari luar negeri. Tokoh-tokoh pelukis dari Bali yang terkenal antara lain Cokorda Gede Agung Sukowati, Ida Bagus Kembeng, dan Walter Spies.
Jenis Karya Seni Rupa Murni Daerah
Tokoh pelukis dari daerah lain antara lain Sudjana Kerton dan Jeihan dari Bandung, serta Joko Pekik dan Widayat dari Yogyakarta.

2. Seni Patung
    Perkembangan seni patung Bali juga sangat menonjol. Seni patung Bali paling awal berasal dari abad ke-8. Patung pada masa itu berupa perwujud an dewa-dewa yang digunakan dalam pura. Saat ini
bentuk patung Bali sudah sangat beragam dengan penampilan yang sudah diperhalus. Seniman patung dari Bali yang terkenal antara lain Ida Bagus Njana, Ida Bagus Tilem, dan Ida Bagus Gelodog.
Seni Patung
Di daerah lain juga ditemukan macam-macam bentuk dan gaya seni patung. Karya patung tradisi yang menonjol yaitu patung leluhur atau peringatan yang menggambarkan roh nenek moyang. Orang Toraja mempunyai tradisi membuat patung orang yang telah mati. Patung semacam ini disebut tau-tau dan biasa ditempatkan di luar kubur batu. Demikian pula patung-patung suku Asmat. Bisa dikatakan hampir semua patung suku Asmat merupakan sosok leluhur karena patung-patung tersebut diberi nama orang yang telah mati.

3. Seni Keramik
    Desa tembikar (keramik) dapat ditemukan hampir di seluruh Indonesia, kecuali Papua. Beberapa di antaranya yang terkenal yaitu Kasongan di Yogyakarta, Banyumulek di Lombok, dan Pleret di Purwakarta. Pada awalnya karya keramik yang dibuat berupa benda-benda fungsional seperti peralatan dapur, celengan, dan hiasan bangunan. Tetapi, saat ini para pengrajin mulai menciptakan keramik dengan bentuk-bentuk non fungsional atau biasa disebut sebagai keramik seni. Tokoh seniman dalam bidang ini F. Widayanto.
seni keramik
(1) Keramik seni dari Kasongan dengan objek seorang anak kecil meniup pipa seperti ular
(2) Keramik seni Loro Blonyo

4. Seni Batik
    Tokoh seni batik yang terkenal di Indonesia antara lain Amri Yahya. Amri Yahya tinggal dan terus berkarya hingga akhir hayatnya di Yogyakarta. Amri Yahya dikenal sebagai pelukis batik. Karyanya kebanyakan berupa lukisan abstrak dengan teknik celup dan perintangan dengan lilin. Salah satu karya lukisan batiknya yaitu ”Borobudur”. 
Seni Batik
Lukisan-lukisan batiknya sering diper kenalkan dalam pameran di dalam dan di luar negeri.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Jenis Karya Seni Rupa Daerah Yang Berkembang"

Posting Komentar